Kamis, 14 Juni 2012

Perkembangan Perjuangan UUK

Salam Sejawat di penjuru dunia,
Berikut adalah perkembangan perjuangan UUK yang telah terjadi.
1. Paska aksi di DPR, komisi 9 menulis surat resmi untuk memproses UUK kepada Baleg DPR RI. kemudian DPR mengatakan bahwa masalah bukan hanya di DPR tapi juga di eksekutif (MENKES). Segala upaya via jalur normal kandas.

2. Aksi damai di Depkes diakukan dengan dukungan dari elemen perawat DKI, Jabar dan Banten serta mahasiswa (jumlah lebih sedikit dari aksi di DPR). issu yang disampaikan adalah dosa2 depkes terhadap perawat seperti: standard kompetensi perawat tidak disahkan sejak tahun 2002, 15 profesi lain yang mengusulkan lebih lambat (sekitar 2007) telah disahkan. PTT tidak ada bagi perawat, tapi ada bagi profesi lain, Desa Siaga tidak mengikutsertakan perawat Perkesmas sebagai bentuk pelayanan komunitas dihapuskan. usulan amandemen kepmenkes 1239/2001 tidak dijalankan bahkan berencana membuat SK baru yang mengebiri peran organisasi profesi. dll

3. Penyelenggaraan Mukernaslub

4. Pengirman sms ke presiden

5. Paska aksi tersebut, Mensesneg memanggil PPNI untuk beraudiensi. mereka mendukung penuh UUK dan segera di proses bila telah tiba dari DPR

6. melibatkan PPNI di Mensesneg dalam rapat koordinasi antar departemen terkait keberadaan perawat

7. Staff ahli baleg (23/6) mengundang PPNI untuk presentasi paparan urgensi UUK segera disahkan.

8. Sehari setelah itu (24/6), Anggota Baleg, mengundang secara resmi PPNI untuk menyampaikan UUK di hadapan dewan.

9. Menkes mengudang PPNI untuk beraudiensi dengan PPNI (26/6). beliau intinya sangat mendukung UUK, menyetujui amandemen Kepmenkes 1239/2001, menyetujui KNKP (komite kompetensi nasional perawat) yang dibentuk PPNI dll. termasuk hambatan PPNI yang selama ini dirasakan akan diratakan. 

Surat-surat permohonan audiensi sebelumnya tidak pernah ditanggapi.Sekarang PPNI sedang sibuk memperbaiki draf masukan dari para anggota dewan. disisi lain PPNI sedang sibuk berkonsolidasi untuk menyiagakan pasukan dan membangun pemahaman atas pentingnya UUK. Bila dukungan peraturan telah ada, semua perangkat telah siap, karena kami sesungguhnya terus bekerja, maka wahai teman, sisih kan barang sedikit waktu kita untuk profesi kita, tempat di mana kita hidup.
Sepertinya tidak ada yang tidak mungkin dalam perjuangan, kuncinya adalah optimis dan selalu bergerak, momen ini adalah momen yang sangat menentukan.

TETAP FOKUS, BILA BELUM BISA BERJUANG, JANGAN MENJADI PENGHALANG,
MAJU TERUS PERAWAT INDONESIA.
DARAH DAN SPIRIT PERAWAT HARUS LEBIH DOMINAN DARI SPIRIT DAN DARAH LAIN.
NASIB PERAWAT DITENTUKAN OLEH PERAWAT ITU SENDIRI
SALAM PERJUANGAN !

Forum peduli perawat garut
http://fppgarut.webs.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar